Deffense Terbaik untuk War Base di Clash of Clans

  • 4

Deffense Terbaik untuk War Base di Clash of Clans

 

By: Ihsanul Afwan, Co Lead COC Takor FISIP UI 2

 

Pasukan yang kuat sama pentingnya dengan memiliki pertahanan yang kuat di Clan War Clash Of Clans. Karena selain berlomba mendapatkan bintang sebanyak-banyaknya, kamu juga harus menjaga agar lawan tidak mendapat bintang yang maksimal dari pertahanan kamu. Karena bersifat Kolektif, pertahanan tiap peserta War dituntut menyulitkan lawan mendulang angka.

Dalam Clan war, situasi yang dihadapi terbagi tiga.

  1. Lawan berada pada level dibawahmu[1]

Maka dalam posisi ini, seharusnya pertahananmu tidak boleh rata oleh lawan yang setara (nomornya sama). Misal nomor tiga pada tim kamu tidak boleh rata jika diserang oleh nomor tiga pada tim lawan. Karena secara head to head kamu menang dengan lawan. Apabila rata, maka basemu perlu di benahi.

  1. Lawan setara atau tidak jauh berbeda

Pada kondisi ini, jika diserang lawan yang setara (nomor yang sama) bisa jadi base mu rata atau tidak. Semua tergantung pertahananmu. Agar tidak hancur 100% diserang lawan yang setara, akan dijelaskan di bawah.

  1. Kalah secara head to head

Posisi paling sulit dalam clan war adalah jika secara head to head kamu kalah dengan lawan. Misalkan nomor satu pada clan mu masih TH 8, pada lawan sudah TH 10 ; atau pada tim mu hanya memiliki tiga orang dengan TH 9, dan dua dengan TH 7, sedangkan pada lawan memiliki enam TH 9 dan tanpa TH 7. Maka dalam kondisi ini, apabila kamu menyerang nomor yang sama, biasanya kamu tidak akan bisa memperoleh tiga bintang serta kemungkinan besar pertahananmu akan rata jika diserang oleh lawan dengan nomor yang sama. Tetapi akan dijelaskan cara mencegah hal ini terjadi, sebagai berikut:

 

Untuk menghadapi kondisi diatas, maka diperlukan strategi yang baik dari Tim. Selain seperti pada artikel yang ditulis Ninata sebelumnya mengenai peran petinggi clan[2], Bisanya leader dan Co lead sangat berperan penting dalam pembuatan kebijakan. Mereka dapat memprediksi hasil war dan membuat berbagai cara untuk memenangkan pertandingan. Misalnya jika dalam keadaan seperti nomor tiga, maka para petinggi clan ini akan meminta tim agar tidak perlu menyerang sesuai nomor (tiga vs tiga, dst.) karena tidak akan maksimal (3b) dan menjadi beban bagi anggota yang lain. Namun jika berada pada kondisi pertama, bisa jadi tim dibebaskan menyerang nomor yang setara, naik, atau turun beberapa tingkat dari nomor penyerang.

 

Berikut beberapa tips untuk menjaga base agar tidak mudah memberi bintang dan rata

  1. Jangan lupa letakkan Clan Castle dan Town Hall di tengah dari keseluruhan base kamu. TH di tengah agar lawan tidak mudah mendapat bintang. Jika di luar, minimal satu bintang dan jika mencapai 50%, pasti dua bintang akan di dapat lawan. Sedangkan jika TH ditengah, apabila kamu mendesain base dengan base spesialis pembelok trops ( akan di bahas pada tulisan berikutnya ), maka hingga 99% base hancur pun, kemungkinan lawan hanya mendapatkan satu bintang karena TH tidak hancur. Selain itu, apabila lawan tidak bisa memperoleh 50% damage namun mendapatkan satu bintang karena TH hancur, akan lebih sakit dibanding 99% damage namun tetap satu bintang karena TH tidak hancur :D. CC ditengah agar tidak mudah di pancing lawan. CC adalah pertahanan ekstra yang fleksibel[3], sangat membantu dan bisa mencegah kerusakan fatal pada pertahanan. Terdapat berbagai kondisi dimana CC akan sangat membantu pertahanan. Misalkan lawan menyerang dengan banyak Hog, Giant, dan armada pemburu pertahanan[4] lain serta hanya membawa sedikit trops bebas[5] dan lupa memancing isi CC, maka dapat dipastikan serangannya akan gagal. Begitu juga apabila tidak sempurna dalam mengeluarkan isi CC.
  2. Air Deffense Ditengah bersama CC dan TH

Tidak dapat dipungkiri dalam Clan Wars lawan akan menggunakan trops terbaiknya. Bisanya lawan akan mulai menyerang dengan full naga untuk TH 8 kebawah karena cenderung mudah menghancurkan Base lawan. Maka apabila Air Deffense ditengah, dapat dipastikan sulit untuk memperoleh tiga bintang[6].

  1. Double Giant Bom

Double Giant Bom

Giant Bom diletakkan pada posisi yang berdekatan. Strategi ini sangat baik dalam menghadapi lawan yang menyerang dengan armada pemburu defense terutama hog. Apabila terkena dan lawan terlambat memberi heal spell, bisa dipastikan serangannya gagal atau tidak maksimal karena trops sudah hangus terlebih dahulu. Akan tetapi kelemahannya adalah jika terkena trops abal-abal dan sedikit, atau tidak mengenai lawan sama sekali.

  1. Buka jalan, berikan traps

Trap dibuka

Beberapa jalan dibuka menuju tempat tertentu (seperti defense) dan pada jalan yang kosong diletakkan Strategi ini pada masa sekarang sedang hits karena dirasa lebih baik ketimbang menutup jalan. Pasukan lawan akan memilih jalan yang dibuka ini dan terkena jebakan. Hal ini sangat baik untuk mengurangi jumlah lawan.

 

  1. Sembunyikan Hidden Tesla di ujung

Tesla diujung99% Strategy by Sanuel

Strategi Jitu ini ditemukan oleh Sanuel pada bulan Januari tahun 2015.strategi ini tergolong berhasil untuk menghadapi lawan yang membawa armada penghancur deffense seperti hog, giant, dan ballon. Karena dengan demikian saat trops masuk, dan apabila berhasil menghancurkan 50 %, barulah hidden tesla ini muncul di ujung-ujung. Akibatnya waktu penyerang dapat tersita dan akhirnya tidak mampu memperoleh bintang maksimal. Hidden tesla adalah tesla yang tersembunyi, yaitu hanya akan muncul jika lawan mendekatinya atau saat base sudah hancur 50%, dengan demikian akan sangat baik untuk mengulur waktu lawan. Kebanyakan orang meletakkan builder hunt di ujung, akan tetapi strategi ini sudah basi karena mudah terlihat. Lawan dapat membawa 4 arcer atau trops ringan lain untuk menghabisi pengahalang ini. Sedangkan Hidden tesla cenderung manipulatif dan masih dapat memberi perlawanan pada trops yang mendekatinya.

Strategi ini kini banyak diterapkan anggota clan Takor Fisip UI 2. Karena memang terbukti dapat mengulur waktu. Kejadian yang sering terjadi adalah lawan hanya bisa menghancurkan 97, 98, atau 99% base lawan karena kehabisan waktu dalam perjalanan menuju hidden tesla yang berada di ujung ini.

 

Itulah beberapa tips dari saya, semoga bermanfaat.

Salam.

 

 

Ihsanul Afwan

 

——————FootNote

[1] Indicator level adalah : Level exp lawan, base (TH, pertahanan seperti AQ, Mortar, dsb,serta level trops.

[2] Leader dan Co Leader dalam tulisan ninata dijelaskan bisanya menyerang belakangan agar bisa melihat kondisi dan situasi pertarungan.

[3] Tergantung isi cc yang di sumbangkan rekan

[4] Ballon, Golem, Hog, Giant

[5] Arcer, Barbarian, Wizzard, dll

[6] Tergantung kondisi lawan, lihat tiga kondisi dalam war.

Please follow and like us:

4 Comments

Bambang

27/06/2015 at 4:53 pm

Kalimatnya sulit dimengerti bagi pemula,

    ihsanulaf165

    08/08/2015 at 10:05 pm

    hai gan, trims buat kritiknya.
    kedepan akan saya sederhanakan bahasanya 🙂

      Nicky kusuma

      09/08/2015 at 8:39 am

      Strategi base yg bagus nul

        ihsanulaf165

        10/08/2015 at 10:28 pm

        trims Nik… hahahaha

Leave a Reply